Sabtu, 20 November 2010

Review Jurnal Perilaku Konsumen

Topik   :           Perilaku Konsumen
Judul    :           PENENTUAN STRATEGI PEMASARAN BERDASARKAN
PERILAKU KONSUMEN Dengan METODE DISKRIMINAN
(kasus di PT. Gudang Rabat Alfa Retailindo Solo)
Pengarang:        Suranto dan Anand Miftachur Riza
Tahun   :           2005
Latar Belakang Masalah:
Untuk mengetahui perbedaan perilaku sering beli dan jarang beli pada konsumen, mengetahui variabel bebas yang membedakan perilau konsumen.
Tujuan  :          
1.      Untuk memberikan informasi tentang kebutuhan yang diharapkan oleh konsumen
2.      Memahami peluang pemasaran yang efektif
3.      Faktor yang membedakan perilaku konsumen

Metodologi:
1.      Data & Variabel
Data Primer
a.       Harga
b.      Pelayanan
Data Sekunder
a.      Diagram
b.      Tabel

2.      Tahapan penelitian:
a.      Metode Diskriminan
b.      Uji Validitas
c.       Uji Reliabilitas



Hal       : Hasil menunjukkan bahwa dari variabel ‘Jarang’ mempunyai sikap kurang baik terhadap lay out ALFA dan variabel ‘Sering’ menunjukkan sikap baik terhadap Lay out ALFA, adanya perbedaan perilaku konsumen terhadap fasilitas AC dan harga. Diluar pengaruh dari Layanan karyawan, layanan kasir, lampu, musik, promosi dan image.

Kesimpulan: Variabel harga dan fasilitas AC membedakan perilaku konsumen ‘Sering’ dan ‘Jarang’ berbelanja di ALFA yang harus diperhatikan oleh pihak perusahaan.

Saran :
1.      PT. Gudang Rabat Alfa Retailindo Cabang Solo sebaiknya memperhatikan harga produk yang diberikan dan fasilitas pendingin udara (AC), karena hal tersebut berpengaruh terhadap perilaku frekuensi belanja konsumen.
2.      Pihak manajemen sebaiknya memberikan kebijakan untuk menekan profit agar harga semakin menarik bagi konsumen yang selama ini jarang membeli.
3.      Memberi perhatian yang lebih terhadap fasilitas pendingin udara


Tidak ada komentar:

Posting Komentar