- Judul Penelitian
Pengaruh
Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Outlet Vinoti di Jakarta
- Latar
belakang
Kepuasan pelanggan adalah tingkat keadaan perasaan seseorang yang
merupakan hasil perbandingan antara penilaian kinerja/hasil akhir produk dalam
hubungannya dengan harapan pelanggan (Kotler - 1997).
Suatu pelayanan dinilai memuaskan bila pelayanan tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan. Pengukuran kepuasan pelanggan merupakan elemen penting bagi suatu perusahaan dalam menyediakan pelayanan yang lebih baik, lebih efisien dan lebih efektif. Apabila pelanggan merasa tidak puas terhadap suatu pelayanan yang disediakan, maka pelayanan tersebut dapat dipastikan tidak efektif dan tidak efisien. Besar kemungkinan pelanggan meninggalkan produk atau jasa yang dijual. Tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan merupakan faktor yang penting dalam mengembangkan suatu sistim penyediaan pelayanan yang tanggap terhadap kebutuhan pelanggan, meminimalkan biaya dan waktu serta memaksimalkan dampak pelayanan terhadap populasi sasaran.
Suatu pelayanan dinilai memuaskan bila pelayanan tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan. Pengukuran kepuasan pelanggan merupakan elemen penting bagi suatu perusahaan dalam menyediakan pelayanan yang lebih baik, lebih efisien dan lebih efektif. Apabila pelanggan merasa tidak puas terhadap suatu pelayanan yang disediakan, maka pelayanan tersebut dapat dipastikan tidak efektif dan tidak efisien. Besar kemungkinan pelanggan meninggalkan produk atau jasa yang dijual. Tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan merupakan faktor yang penting dalam mengembangkan suatu sistim penyediaan pelayanan yang tanggap terhadap kebutuhan pelanggan, meminimalkan biaya dan waktu serta memaksimalkan dampak pelayanan terhadap populasi sasaran.
Ada beberapa faktor yang dapat dipertimbangkan oleh
pelanggan dalam menilai suatu pelayanan, yaitu: kualitas produk, kualitas
pelayanan, waktu pelayanan, harga produk dan biaya. Berdasarkan faktor-faktor tersebut, pelanggan sendiri yang menilai dan
menidentifikasi tingkat kepuasan yang mereka terima dari barang atau jasa
yang diberikan, serta tingkat kepercayaan mereka terhadap produk dan
pelayanan
C. Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang diatas penulis merumuskan masalah:
Bagaimana
kualitas produk, kualitas dan waktu pelayanan serta harga produk dan biaya
mempengaruhi kepuasan pelanggan di Outlet Vinoti di Jakarta.
D.
Metodologi
Penelitian
- Sumber data
Data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dengan instrument
penelitian berupa kuisioner dengan skala 7, dimana semakin tinggi skala
menunjukkan tingkat kualitas pelayanan dan tingkat kepuasan pelayanan di Outlet
Vinoti di Jakarta semakin bagus.
- Sampel
Tehnik
penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan Sampling Aksidental yang
merupakan tehnik penentuan sampel yang kebetulan, dimana peneliti kebetulan
bertemu dengan siapa saja dapat digunakan sebagai sampel yang berbelanja di
Outlet Vinoti. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 30
orang.
- Metode analisis
Tehnik
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis
regresi linear berganda. Model metode analisis regresi linear berganda
digunakan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan
pelanggan.
E.
Riset
sebelumnya
Penelitian
sejenis pernah dilakukan diantaranya:
-
Pengaruh
kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Piza Hut Gatot Subroto
Denpasar, Wayan Arya Paramarta, 2008
-
Pengaruh
Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan
dalam
Membentuk Loyalitas Pelanggan, Dwi Aryani dan Febrina Rosinta, 2010
Objek Penelitian
Objek penelitian adalah Outlet Furniture
Periode Penelitian
Data yang digunakan merupakan data kunjungan toko selama 1 bulan
Alat Yang Digunakan
Alat bantu yang digunakan dalam penelitian ilmiah ini adalah software SPSS
Objek penelitian adalah Outlet Furniture
Periode Penelitian
Data yang digunakan merupakan data kunjungan toko selama 1 bulan
Alat Yang Digunakan
Alat bantu yang digunakan dalam penelitian ilmiah ini adalah software SPSS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar